Skripsi : Implementasi IDS Serta Monitoring Jaringan dengan Interface Web Berbasis Base pada Keamanan Jaringan

Abstrak : Teknologi informasi telah berkembang dengan pesat, terutama dengan adanya jaringan internet yang dapat memudahkan untuk melakukan komunikasi dengan pihak yang lain. Namun dengan mudahnya pengaksesan terhadap informasi tersebut menyebabkan timbulnya masalah baru yaitu informasi atau data-data penting dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan sendiri.

Sehingga suatu sistem keamanan pada jaringan menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan dari sebuah sistem informasi. Oleh karena itu untuk mendapatkan sebuah keamanan jaringan maka diperlukan suatu tools yang dapat mendeteksi adanya serangan di dalam jaringan. banyaknya tools ini, maka dapat dibandingkan antara sistem yang hanya dapat mendeteksi dengan sistem yang dapat melakukan tindakan juga. Sistem yang hanya mendeteksi ini akan diimplementasikan dengan menggunakan aplikasi IDS yaitu Snort. Sistem IDS ini yaitu sistem yang mampu memberikan alerting maupun log apabila terjadi serangan di dalam jaringan, selain itu IDS ini juga mampu memonitoring serangan melalui interface web.

Sistem IDS ini menggunakan Operating System Windows 7. Sistem ini dibagi menjadi beberapa modul yaitu IDS software snort, report modul yaitu BASE, dan juga kiwi syslog yang mampu mengirimkan alerting, untuk network device yang digunakan adalah sebuah hub.

Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis serangan yaitu ip scan, port scan dan flooding. Skenario dalam pengujian ini berdasarkan functionality test dan response time. Pengujian functionality test ini akan membandingkan nilai dari serangan terhadap 1 client, 2 client, dan 3 client begitu juga dengan response time.

Judul : Implementasi IDS Serta Monitoring Jaringan dengan Interface Web Berbasis Base pada Keamanan Jaringan
Materi : Keamanan Jaringan, IDS, IDPS, Sniffing, Sysadmin, Snort, Base, Ip scan, Port scan, Flooding
Penulis :  Monika Kusumawati – Universitas Indonesia
Format File : PDF
Ukuran File : 2 MB
Jumlah Halaman : 85 halaman
Sumber : lib.ui.ac.id

Download Skripsi “Implementasi IDS Serta Monitoring Jaringan dengan Interface Web Berbasis Base pada Keamanan Jaringan” pdf (2 MB) – Google Drive

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.